Rangka pada manusia

video


“RANGKA PADA MANUSIA

Nama Kelompok :

·       Anggy Trisamanda               (101644038)
·       Midya Yuli A.                          (101644039)
·       Duhita Savira W.                   (101644052)
·       Qurun In Evri L.                      (101644055)
·       Oktavia Putri R.                     (101644100) 
-  R. Arya Herro                        (101644101)


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2011


LAPORAN HASIL PENGAMATAN
TULANG RANGKA PADA MANUSIA

1.      Judul                            : Sistem Rangka Pada Manusia
2.      Tujuan                         : Identifikasi tulang penyusun sistem rangka pada manusia
3.      Alat dan Bahan           : Model rangka manusia
4.      Prosedur Kerja            : 
a.      Amati model rangka manusia
b.      Identifikasi ciri – ciri tulang penyusun rangka manusia
c.       Catat hasil pengamatan dalam tabel pengamatan
d.      Foto rangka manusia, sebutkan bagian – bagian dan cirinya
  1. Landasan teori
Salah satu cirri makhluk hidup adalah bergerak. Manusia dan hewan berrgerak untuk mencari makan, menghindari musuh. Gerakan itu akibat ari eran aktif otot. Otot pada tubuh kita melekat pada tulang atau rangka. Oleh karena itu, rangka atau tulang disebut alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif karena menggerakkan tulang atau rangka.
Dalam melakukan gerak, manusia memiliki system gerak ang terdiri atas tulang dan otot. Tubuh manusia memunyai rangka dalam yang tersusun atas dua jenis tulang yaitu tulang keras dan tulang rawan.
Pada pengamatan kali ini, kami mengamati tulang keras menurut bentuknya yang terbagi atas tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih.


PEMBAHASAN
Menurut bentuknya, tulang terbagi atas :
*      TULANG PIPA atau TULANG PANJANG
a.      Tulang paha (femur).
Tulang paha berbentuk seperti pipa panjang yang berbonggol di setiap ujungnya. Ujung atas bersendian dengan tulang gelang panggul, sedangakan ujung bagian bawah bersendian dengan tulang kering (tibia) dan tulang tempurung lutut (patela). Tulang paha merupakan tulang terpanjang, terkuat, dan terberat diantara tulang tubuh lainnya.  Tulang paha berjumlah total 2 tulang.
      
b.      Tulang lengan
1)      Tulang lengan bawah.
Terdiri atas tulang hasta (ulna) dan tulang pengumpil (radius). Bagian ujung tulang hasta merupakan siku tangan sedangkan bagian bawahnya merupakan tempat terdapatnya jari kelingking.  Bagian ujung atas tulang pengumpil bersendian dengan tulang humerus sedangkan bagian bawahnya merupakan tempat terdapatnya tulang ibu jari (jempol).  Kedua ujung bawah tulang lengan bawah bersendian dengan tulang pergelangan tangan (karpal). Jumlah total ruas tulang lengan bawah berjumlah 4 ruas tulang.
2)      Tulang lengan atas (humerus).
Berbentuk seperti pipa dengan bonggol di setiap ujungnya.  Pada bagian bawah memiliki dua bonggol yang bersendian dengan tulang lengan bawah (hasta dan ulna). Pada bagian atas bersendian dengan tulang belikat (skapula). Terdapat 2 tulang lengan atas pada tubuh manusia.
c.       Tulang kering (tibia) dan tulang betis (fibula).
Tulang kering berukuran lebih besar daripada tulang betis.  Letak tulang kering terdapat lebih di bagian depan dari tulang betis.  Ujung bagian atas tulang kering bersendian dengan tulang paha dan ujung bawahnya bersendian dengan tulang pergelangan kaki (tarsal).  Pada masing-masing kaki terdapat 1 tulang kering dan 1 tulang betis.
d.      Tulang-tulang jari
e.      Tulang hasta
Tulang hasta atau ulna merupakan tulang panjang di bagian medial lengan bawah. Terletak sejajar dengan tulang pengumpil (radius). Badan tulang hasta melebar pada bagian proksimal dan menyempit di bagian distal. Pada proksimalnya, memiliki sebuah tonjolan (processus) yang disebut procesus olecranii, sebuah struktur seperti kail pancing yang nantinya masuk ke dalam fossa olecrani pada humerus. Pada bagian distal terdapat processus styloideus.
f.        Tulang pengumpil
Tulang pengumpil atau radius adalah tulang lengan bawah yang menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Tulang pengumpil terletak di sisi lateral tulang hasta (ulna). Bentuk badan tulang pengumpil semakin ke bawah semakin membesar yang akan membentuk persendian pergelangan tangan. Pada ujung atas terdapat bagian yang sangat khas yaitu bonggol tulang yang bundar, disebut caput radii (kepala radius). Permukaan caput akan bersendi dengan capitulum di tulang lengan atas. Keliling caput akan bersendi dengan tulang hasta. Di dekat caput, terdapat struktur kasar yang disebut tuberositas radii. Badan tulang pengumpil memiliki pinggir interosseus (yang menghadap ke tulang hasta) yang tajam. Pada ujung bawah terdapat penonjolan processus styloideus ke arah distal. Di permukaan posterior, terdapat struktur kasar yang kecil yang disebut tuberculum dorsalis.




*      TULANG PENDEK
a.      Telapak kaki
Tulang telapak kaki terletak diantara tulang pergelangan kaki dan tulang jari kaki.  Tulang ini berjumlah 5 tulang pada masing-masing kaki.



b.      Telapak tangan
Tulang telapak tangan berukuran pendek dan merupakan penghubung antara tulang pergelangan tangan dengan tulang-tulang jari tangan (phalanges).  Tulang telapak tangan pada masing-masing tangan berjumlah 5 ruas tulang.


c.       Pergelangan tangan
Tulang pergelangan tangan berukuran pendek dan merupakan penghubung antara tulang lengan bawah dengan tulang telapak tangan (metakarpal).  Tulang pergelangan tangan pada masing-masing tangan  berjumlah 8 ruas tulang.


d.      Pergelangan kaki
Tulang pergelangan kaki berukuran pendek.  Tulang ini terdapat diantara tulang tibia dan tulang telapak kaki.  Jumlah tulang ini Pada masing-masing kaki berjumlah 7 tulang.

e.      Ruas tulang belakang
Tulang belakang terletak di tengah tubuh manusia.  Tulang ini berfungsi penting untuk menopang badan, sebagai tempat melekatnya tulang rusuk dan melindungi organ dalam tubuh.  Peran tulang belakang sangat vital karena selain sebagai penopang tubuh, tulang ini juga merupakan tempat terdapatnya saraf utama tubuh.



Tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang dan terbagi menjadi 5 bagian, antara lain:
a)      Ruas tulang leher (vertebra servik).
b)      Ruas tulang punggung (vertebra torak).
c)      Ruas tulang pinggang (vertebra lumbar).
d)      Ruas tulang kelangkang (sacrum).
e)      Ruas tulang ekor (coccyx).



*      TULANG PIPIH
a.      Tengkorak
Tulang tengkorak membentuk kepala seseorang.  Tulang ini merupakan kepingan tulang pipih berongga yang saling berhubungan. Tulang tengkorak manusia terdiri atas 22 tulang.   Tulang tersebut terbagai menjadi tulang bagian kepala (kranial) dan bagian wajah (fasial). Tulang kranial membentuk tempurung dan berfungsi melindungi organ di dalamnya, yaitu otak.  Tulang fasial membentuk rongga mata, rongga hidung, wajah seseorang.  Tulangini berfungsi melindungi mata serta organ mulut dan bagian dalam hidung.
b.      Rusuk
Tulang rusuk berbentuk pipih dan panjang melengkung.  Bagian belakang tulang rusuk berhubungan langsung dengan ruas tulang punggung (vertebra torak).  Tulang rusuk berjumlah 12 pasang tulang, terdiri atas 7 pasang rusuk sejati, 3 pasang rusuk palsu, dan 2 pasang rusuk melayang.
Bagian depan tulang rusuk sejati melekat pada tulang dada (sternum).  Tulang rusuk palsu pada bagian belakang melekat pada tulang punggung (vertebra torak), sedangkan di bagian depan melekat pada tulang rusuk diatasnya.  Tulang rusuk yang paling melengkung adalah tulang rusuk kesembilan.  Tulang rusuk tersusun teratur sesuai dengan perlekatannya dengan tulang belakang.  Ruangan diantara tulang rusuk disebut intercostal spaces.
Tulang rusuk melayang hanya bersendian dengan tulang punggung dan tidak bersendian dengan tulang dada, oleh karena itu seperti tampak melayang.  Ukuran tulang rusuk melayang lebih pendek dibandingkan dengan rusuk yang lain.

c.       Belikat


d.      Panggul
Berujumlah 5 ruas tulang. Tulang panggul merupakan ruas tulang belakang yang paling kuat dan besar dibandingkan ruas tulang belakang lainnya.  Bentuknya hampir serupa dengan ruas tulang punggung, namun tidak bersendian dengan tulang rusuk.



e.      Dahi
Tulang dahi terletak di bagian depan (muka atas).  Tulang ini berjumlah 1 buah







PENUTUP
Kesimpulan
Tulang menurut bentuknya terbagi atas tulang pipa, tulang panjang, dan tulang pendek. Disebut tulang pipa karena tulang jenis tersebut berbentuk seperti pipa dengan kedua ujungnya yang bulat. Ujung tulangnya yang berbentuk bulat dan tersusun atas tulang rawan disebut epifise. Sedangkan  pada jenis ini bagian tengah tulang pipa yang berbentuk silindris dan berongga disebut diafise.
Tulang pipih bentuk gepeng dan berupa lempenganlempengan lebar. Tulang pipih ini tersusun atas dua lapisan tulang kompak yaitu lamina eksterna dan interna ossis karnii.
Sedangkan tulang jenis pendek memiliki bentuk mirip kubus, pendek tak beraturan, atau bulat. Adanya tulang ini dimungkinkan goncangan yang keras dapat diredam dan gerakan tulang yang bebas dapat dilakukan. Sebagai contoh, stulang telapak kaki dan telapak tangan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

blognya kelas d 2010 mengatakan...

keren yo? klompoke sopo disik? haha .... #plak*dibantai 1 kelas

Poskan Komentar